Admin    Hubungi Kami    Forum
Strategi dan Kebijakan

profilDENGAN mengacu kepada indikator kinerja dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, maka diperlukan strategi pembangunan. Strategi pembangunan ini pada dasarnya dituangkan dalam bentuk kebijakan dan program yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun kedepan serta mengacu pada fungsi BAPPEDA sebagai perencanaan daerah. adapun strategi yang akan dilaksanakan dalam pencapaian tujuan adalah sebagai berikut :

  1. Peningkatan kualitas dan pemberdayaan SDM secara optimal.
  2. Mengoptimalkan sistem pelaksanaan musyawarah pembangunan mulai dari tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten Blora.
  3. Mengoptimalkan pelaksanaan koordinasi antar SKPD, antar lembaga non pemerintah, pemangku kepentingan dan masyarakat terkait bidang perencanaan.
  4. Mengoptimalkan pelaksanaan penelitian dan kajian untuk kepentingan perencanaan pembangunan.
  5. Mengoptimalkan pelaksanaan monitoring dan evaluasi sebagai masukan bagi proses perencanaan berikutnya atau pemutusan kebijakan diberbagai bidang.
  6. Mengupayakan terlaksananya penegasan lainnya dalam kaitan dengan kebijakan pembangunan daerah dengan tingkat keberhasilan yang optimal.
  7. Mengoptimalkan peran BAPPEDA selaku ketua tim koordinasi dan fasilitasi di berbagai program terpadu.

Kebijakan merupakan langkah yang diambil oleh BAPPEDA untuk menentukan prioritas program dan kegiatan dalam mencapai tujuan kurun waktu 2010 – 2015. Kebijakan tersebut terdiri dari kebijakan internal maupun eksternal sebagai berikut :

  1. Kebijakan internal BAPPEDA merupakan kebijakan yang diambil dalam upaya penyelenggaraan pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan tertib administrasi SKPD meliputi:
    • Peningkatan kualitas pelayanan administrasi secara umum, sarana, dan prasarana dalam menunjang koordinasi perencanaan.
    • Peningkatan disiplin dan kapasitas sumber daya aparatur perencanaan yang berkualitas.
    • Peningkatan dan pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan yang komperhensif.
  2. Dalam upaya meningkatkan kualitas perencanaan pengembangan daerah, BAPPEDA mempunyai kebijakan eksternal sebagai berikut :
    • Peningkatan kualitas perencanaan umum sarana dan prasarana wilayah, sumber daya alam dan Tata Ruang.
    • Peningkatan kualitas perencanaan pembangunan bidang ekonomi, pemerintahan, dan social budaya.
    • Peningkatan ketersediaan data dan informasi yang aktual dan akurat.
    • Peningkatan kerjasama dalam perencanaan pembangunan daerah dengan lembaga non pemerintah maupun perguruan tinggi dan LSM.

Ketahui juga tentang Visi dan Misi, Tujuan dan Sasaran, Tugas Pokok dan Fungsi, dan Struktur Organisasi.