Admin    Hubungi Kami    Forum
Tujuan dan Sasaran

1000

Untuk mewujudkan visi dan melaksanakan misi diatas, BAPPEDA Kabupaten Blora menetapkan tujuan yang akan dicapai dalam 5 (lima) tahun mendatang sesuai rencana strategi sebagai berikut :

  1. Tersusunnya dokumen perencanaan pembangunan daerah baik jangka pendek, menengah maupun panjang.
  2. Tercapainya sinkronisasi antara perencanaan dan penganggaran.

Tujuan kesatu adalah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi BAPPEDA di bidang perencanaan pembangunan. Dalam hal ini BAPPEDA diharapkan mampu menghasilkan rencana pembangunan daerah yang berkualitas berupa RPJMD dan RKPD yang matang dan realistis, sedangkan tujuan kedua terkait dengan tugas – tugas lain yang diberikan oleh Bupati/ kepala daerah dalam hal penanganan masalah – masalah yang memerlukan penanganan lintas instansi/SKPD dan lintas sektor, perbatasan antar daerah baik dalam provinsi, dan luar provinsi, koordinasi dan konsultasi ke tingkat pusat dan provinsi.

Dengan mengacu kepada indikator kinerja dari keberhasilan pelaksanaan RPJMD 2010 – 2015 tersebut, maka indikator yang juga sasaran Bappeda 2010 – 2015 adalah merupakan sebagai berikut :

  1. Sasaran strategis dan tujuan diatas adalah terwujudnya rencana pembangunan jangka menengah dan Tahunan (RPJMD dan RKPD) yang berkualitas adalah :
    • Tercapainya integrasi, sinkronisasi dan sinergi antar SKPD maupun Pemerintah Pusat dan Provinsi dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan yang terukur dengan indikator :
      1. Terlaksananya musyawarah pembangunan mulai Tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten dengan tepat waktu.
      2. Tersusunnya dokumen RPJMD 2010 – 2015 dan RKPD Tahun 2010 sampai dengan 2015 yang memiliki Tujuan, Target dan Sasaran yang jelas dan Terukur dengan tepat waktu serta ada kesesuaian dengan Visi, Misi dan Program Bupati.
      3. Tersusunnya dokumen Renstra Bappeda 2010 – 2015.
      4. Tersusunnya perencanaan pembangunan Sarana dan Prasarana Wilayah, Sumber Daya Alam dan Tata Ruang.
      5. Tersusunnya perencanaan pembangunan Bidang Ekonomi, Pemerintahan dan Sosial Budaya.
      6. Tersedianya sumber data dan informasi yang aktual dan akurat.
      7. Terlaksananya kajian-kajian, penelitian dan survey dalam mendukung perencanaan pembangunan Daerah.
    • Tingkat kepercayaan pemangku kepentingan (stakeholders) terhadap RPJMD 2010 – 2015 dan RKPD 2010 s/d 2015 yang di ukur dari :
      1. Pendapat stakeholders tentang proses penyusunan RPJMD 2010 – 2015 dan RKPD Tahun 2010 s/d 2015.
      2. Pendapat stakeholders terhadap dokumen RPJMD 2010 – 2015 dan RKPD Tahun 2010 s/d 2015 yang telah ditetapkan.
  2. Sasaran strategis dari tujuan di atas pula terlaksananya penugasan lainnya dari Bupati Kepala Daerah dalam kaitannya dengan kebijaksanaan pembangunan Daerah adalah prosentase tingkat keberhasilan pelaksanaan tugas dari Bupati Kepala Daerah terlihat Bappeda selaku Ketua Tim Koordinasi dan fasilitasi diberbagai program terpadu. (*)

Ketahui juga tentang Visi dan Misi, Strategi dan Kebijakan, Tugas Pokok dan Fungsi, dan Struktur Organisasi.