Admin    Hubungi Kami    Forum
Visi & Misi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Blora

profilBerdasarkan kondisi umum, potensi, permasalahan, dan tantangan yang dihadapi kedepan, maka BAPPEDA Kabupaten Blora sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai lembaga perencanaan pembangunan daerah dituntut untuk menghasilkan produk–produk yang berkualitas terutama produk berupa rencana pembangunan daerah. Untuk itu disusun visi dan misi BAPPEDA yang akan dicapai melalui pencapaian tujuan dan pelaksanaan kegiatan utama dan kegiatan pendukung sebagai mana yang tertuang dalam strategi RPJMD 2010 – 2015.

Gambaran tersebut terlihat keterkaitan antara tujuan dan kegiatan BAPPEDA dengan keberhasilan pelaksanaan RPJMD 2010 – 2015 dan RKPD yang menjadi tanggung jawab semua SKPD di Kabupaten Blora.

Sebagai lembaga perencanaan, BAPPEDA dituntut adanya kualitas rencana pembangunan yang matang dan realitas yang dapat dilihat dari beberapa sisi antara lain :

  1. Adanya tujuan, target, dan sasaran yang jelas dan terukur.
  2. Adanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antara SKPD maupun antara pusat dan daerah.
  3. Adanya keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan.
  4. Adanya integrasi dan konsistensi antara pencapaian tujuan pembangunan yang dilaksanakan oleh masing – masing SKPD.

Apabila keseluruhan hal tersebut dapat terpenuhi, maka BAPPEDA telah mampu berperan dalam mendukung pencapaian target, sasaran, visi, dan misi RPJMD 2010 – 2015, yaitu untuk terwujudnya masyarakat yang sejahtera, oleh karena itu visi BAPPEDA adalah:

”Mewujudkan Perencanaan Pembangunan yang Handal, Kredibel, dan Proaktif”

Sejalan dengan visi Bappeda, maka pengertian kata handal, kredibel, dan proaktif adalah sebagai berikut :

Handal: Mampu melakukan koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi rencana pembangunan sesuai dengan tujuan pembangunan yang akan dicapai serta dapat dimplementasikan.

Kredibel : Menerapkan prinsip – prinsip good governance, yang meliputi antara lain transparansi taat hukum, partisipatif, keterbukaan, dan akuntabilitas.

Proaktif : Antisipatif, akomodatif, dan aktif dalam menentukan arah tujuan daerah dan aktif memberikan kontribusi dalam penyelesaian permasalahan di daerah.

Untuk mewujudkan visi tersebut diatas, diperlukan tindakan nyata dalam bentuk misi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi BAPPEDA adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan koordinasi yang efektif dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi BAPPEDA.
  2. Menyusun rencana pembangunan daerah yang berkualitas matang dan realistis dengan upaya :
    • Mengintegrasikan, memadukan, dan mensinergikan baik antar SKPD maupun pusat daerah.
    • Mewujudkan keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan.
    • Mengoptimalkan partisipasi masyarakat.
    • Menggunakan sumber daya secara efisien, efektif berkeadilan merata dan berkelanjutan.
    • Mengembangkan data dan informasi melalui kajian dan penelitian IPTEK.
  3. Melakukan monitoring dan evaluasi kinerja pelaksanaan rencana pembangunan daerah, evaluasi pelaksanaan kebijakan yang berkualitas terhadap permasalahan pembangunan, sebagai masukan bagi proses perencanaan berikutnya dan perumusan kebijakan diberbagai bidang.

Untuk mencapai visi dalam rangka mendukung perencanaan masyarakat yang sejahtera maka BAPPEDA bertanggung jawab untuk menghasilkan rencana pembangunan daerah berdasarkan proses perencanaan sebagaimana diamanatkan dalam UU No 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dimana perencanaan disusun mulai dari desa dengan melakukan musyawarah yang melibatkan para pemangku kepentingan (stakeholders).

Agar penyusunan rencana dapat dilaksanakan dengan baik dan rencana dapat dilaksanakan dengan baik dan menghasilkan rencana pembangunan yang berkualitas, maka diperlukan masukan dari hasil monitoring, evaluasi, dan kajian seta evaluasi kebijakan pemanfaatan hasil – hasil monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan rencana serta hasil kajian atau evaluasi kebijakan, tidak hanya terbatas untuk proses perencanaan pembangunan saja, tetapi juga dapat digunakan sebagai masukan untuk perumusan kebijakan pembangunan diberbagai bidang.

Kemudian agar semua tugas tersebut dapat berjalan efisien dan efektif, maka diperlukan pelaksanaan koordinasi yang lebih baik, lebih berkualitas dengan para pemangku kepentingan baik instansi pemerintah (SKPD) atau instansi non pemerintah dan masyarakat pada umumnya. (*)

Ketahui juga tentang Tujuan dan Sasaran, Strategi dan Kebijakan, Tugas Pokok dan Fungsi, dan Struktur Organisasi.