Gerakan Ekonomi Kreatif “Bon Cabe Ngumbul”
Laporan: Pegawai Bappeda | Tertanggal 30 August 2017

WhatsApp-Image-2017-08-25-at-08.09.32-500px

Blora, 24/8/2017 – Sebagai bentuk partisipasi untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat ngumbul, Kecamatan Todanan, Blora,  Tim KKN Mandiri Blora melakukan gebrakan baru dalam bidang ekonomi, yaitu .  Kegiatan tersebut adalah  sosialisasi dan simulasi Gerakan ekonomi kreatif ” Bon Cabe”.  Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Ngumbul dengan menghadirkan pihak kecamatan, Desa dan ibu-ibu PKK.

Dalam Sambutannya pak Joko, Notulen Kecamatan Todanan menyatakan ” Dalam melakukan gerakan ekonomi kreatif ada Unsur yang harus di penuhi (1) Dapat memberi peluang usaha, (2) Berkelanjutan, (3). Mempunyai Nilai Tambah, (4). Secara ekonomi menguntungkan, (5). Mempunyai daya saing atau bisa bersaing dengan komoditas yg sama, (6). Bahan baku  mudah didapat atau melimpah, (7) . Menjadi Produk unggulan desa, (8) . Sebagai peningkatan kesejahteraan masyarakat,  paparnya.

Muhammad al Amin selaku koordinator Ekonomi Kreatif dalam presentasinya juga menyampaikan ” bahwasanya gerakan ekonomi kreatif Bon Cabe yang dilakukan adalah upaya memanfaatkan produksi cabe yang selama ini kurang maksimal, terutama disaat harga cabe yang murah serta kurang perhatian terhadap cabe yang setengah busuk/” cabe patheken “. Melalui gerakan sosialisasi dan simulasi ia berharap agar, kegiatan ini bisa diteruskan dan dikembangkan, apalagi pembuatan Bon cabe yang sangat mudah, baik mudah secara bahan baku maupun prakteknya, tetapi dari produk itu bisa menghasilkan produk yang sangat membantu finansial masyarakat.

Acara tersebut mendapatkan Antusiasme yang tinggi dari peserta, yaitu Ibu-ibu PKK Desa Ngumbul. Dengan semangatnya ibu-ibu PKK melakukan olah praktek pembuatan Bon Cabe yang kemudian dilanjutkan dengan uji coba ke masakan mie rebus. Dari uji coba terhadap mie rebus, spontanitas bu lurah mengatakan ” wah enak juga”, yang kemudian uji coba tersebut di rasakan kepada peserta lainnya.

Alhamdulillah  semua peserta meraskan kenikmatan Bon Cabe yang telah disuguhkan oleh Tim KKN Mandiri. Harapan dari Tim KKN Mandiri Blora,  semoga acara dan kegiatan tersebut bisa menjadi inspirasi kepada masyarakat Ngumbul, agar lebih memaksimalkan peluang usaha dalam meningkatkan kesejahteraan hidup, melalu ekonomi kreatif.

Sumber

Komentar Anda