Konsultasi Publik Sistem Informasi Pendidikan Berbasis Masyarakat Tahun 2016
Laporan: Pegawai Bappeda | Tertanggal 8 November 2016

IMG_2450

Pada hari Selasa tanggal 8 November Tahun 2016 bertempat di ruang pertemuan lantai 2 Bappeda Kabupaten Blora telah diselenggarakan Konsultasi Publik Sistem Informasi Pendidikan Berbasis Masyarakat Tahun 2016.

Acara dipandu oleh Ka. Bid. Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Bappeda Kab. Blora didampingi Ka. Sub Bid. Pemerintahan dan Pendidikan dengan nara sumber Camat Banjarejo dan wakil dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (DIndikpora) Kabupaten Blora.

Paparan pertama oleh Camat Banjarejo menjelaskan kondisi terkini di Kecamatan Banjarejo terutama terkait dengan keadaan pendidikan. Dikatakan bahwa di Kecamatan Banjarejo terdapat cukup banyak anak usia 7-18 tahun yang tidak bersekolah yaitu sejumlah 1.453 anak selain terdapat juga angka buta aksara yang cukup tinggi yaitu sebesar 8.634 jiwa. Menurut Camat Banjarejo, buruknya tingkat pendidikan masyarakat Banjarejo disebabkan oleh tingkat kemiskinan yang tinggi di kecamatan tersebut yaitu sebesar 47,5% keluarga merupakan keluarga pra sejahtera. Banyaknya keluarga pra sejahtera ini dianalisa sebagai terbatasnya lahan pertanian padahal mayoritas penduduk Banjarejo bekerja di bidang usaha pertanian. Diharapkan agar ada bantuan inovasi penyediaan lapangan pekerjaan di Banjarejo di luar bidang pertanian.

Paparan kedua oleh wakil dari Dindikpora Kabupaten Blora berisi penjelasan tentang kondisi pendidikan di Kabupaten Blora termasuk di Kecamatan Banjarejo yang ternyata memang termasuk 3 terendah dalam keikutsertaan anak usia 7-12 tahun dalam pendidikan formal. Selain itu dipaparkan juga data-data pendidikan yang diperoleh dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kabupaten Blora.

Lebih lanjut wakil dari Dindikpora Kabupaten Blora menjelaskan bahwa selama ini data pendidikan diperoleh dari sekolah-sekolah formal sehingga kondisi nyata anak usia sekolah di Kabupaten Blora kurang memadai. Untuk itu, Sistem Informasi Pendidikan Berbasis Masyarakat (SIPBM) diharapkan dapat memberikan data pendukung berupa kondisi nyata pendidikan di luar lembaga formal. Dengan adanya data tersebut diharapkan arah pembangunan pendidikan di Kabupaten Blora dapat lebih tepat sasaran.

IMG_2442 IMG_2440 IMG_2439 IMG_2435 IMG_2434

Komentar Anda