PENJARINGAN KRENOVA 2018 KABUPATEN BLORA
Laporan: Pegawai Bappeda | Tertanggal 28 February 2018

krenova pak anjar baru copy web

Blora, 28 Februari 2018.

Dalam rangka mewujudkan Blora yang sejahtera dan berdikari perlu didorong untuk memperkuat basis produksi masyarakat, yang ditopang dengan sarana produksi, teknologi dan inovasi yang handal. Untuk hal tersebut, perlu upaya meningkatkan kreativitas dan inovasi masyarakat berupa teknologi dan inovasi yang bermanfaat dan mudah diterapkan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah berupaya untuk mendorong masyarakat melakukan kreativitas dan inovasi dengan menyelenggarakan Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA). Hasil temuan KRENOVA diharapkan dapat diterima industri dan sekaligus dapat mengatasi permasalahan teknologi yang ada di masyarakat. Guna mendapatkan dan menentukan penerima penghargaan KRENOVA yang tepat, diperlukan suatu Buku Panduan yang berisi tata cara pengajuan calon penerima anugerah, kelengkapan yang diperlukan, tahapan penilaian, jadwal penilaian dan formulir yang harus diisi.

Pengertian
Program Kreatifitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) adalah kegiatan pemberian insentif kepada masyarakat luas yang telah melakukan suatu penemuan atau karya di bidang Iptek yang tidak terikat dengan institusi pemerintah atau institusi resmi lainnya, untuk menggugah serta memacu kreatifitas serta rekacipta dalam bidang Iptek.
Program ini merupakan mekanisme yang menitikberatkan pada kreatifitas serta penggalian potensi inovasi masyarakat yang dapat dimanfaatkan secara langsung, sehingga tercipta kegiatan sosial ekonomi yang mampu menghasilkan produk, proses, dan jasa serta modal sosial yang bernilai tambah dan berdaya saing tinggi.
Maksud
Maksud diterbitkannya buku Panduan Penyelenggaraan KRENOVA ini adalah agar memudahkan pengusul dalam mengajukan hasil karya kreativitas dan inovasi masyarakat untuk mendapatkan penghargaan.
Tujuan
Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan penghargaan kepada warga/masyarakat Kabupaten Blora, baik secara perorangan maupun kelompok, yang mampu menghasilkan inovasi kreatif dalam bidang IPTEK, yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Sasaran
Sasaran yang akan dicapai dalam kegiatan KRENOVA adalah untuk meningkatkan kepedulian serta menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menghasilkan dan memanfaatkan IPTEK untuk mendukung kegiatannya, sehingga bisa dihasilkan produk yang berdaya saing.
Ruang Lingkup
Ruang lingkup penyelenggaraan KRENOVA Tingkat Kabupaten Blora tahun 2017 adalah sebagai berikut:
1. Penyebaran informasi dan Sosialisasi kegiatan KRENOVA
2. Penerimaan data calon peserta KRENOVA
3. Seleksi administrasi dan substansi proposal KRENOVA
4. Tanya-jawab, Penilaian, dan Fact Finding
Tim Penilai akan melakukan peninjauan lapangan (fact finding) terhadap produk yang diajukan. Peserta yang produknya memenuhi kriteria KRENOVA, akan diundang untuk melaksanakan tanya jawab di depan Tim Penilai.
5. Penetapan hasil penilaian KRENOVA.
6. Penghargaan KRENOVA

 

BUKU PANDUAN KRENOVA DOWNLOAD DI SINI

 

INFO LEBIH LANJUT BISA LANGSUNG DATANG KE BAPPEDA BLORA, Bidang Penelitian, Pengembangan dan Perencanaan.

Terima Kasih

Komentar Anda