Personil TNI/Polri Dukung Update Data Desa
Laporan: A. Mahbub Djunaidi | Tertanggal 7 August 2014
Peserta update data dari unsur TNI-Polri (Foto : Mang Udin)
Peserta update data dari unsur TNI-Polri (Foto : Mang Udin)

BERTEMPAT di Gedung Pertemuan Bappeda Kabupaten Blora, Tim Wawancara dan Update Data Desa yang anggotanya dari jajaran TNI-POLRI dari Koramil dan Polsek se-Kabupaten Blora mengikuti pembekalan dalam update data desa. Program itu berkat komunikasi intensif yang dilakukan oleh Tim Pengelola Sistem Informasi Pembangunan Daerah Kabupaten Blora saat mengikuti bedah masalah rendahnya tingkat keterisian data yang diselenggarakan oleh Bappeda Blora pada Bulan Maret lalu.

Dari laporan Tim Pengelola SIPD Tingkat Provinsi Jawa Tengah, tingkat keterisian data SIPD Kabupaten Blora baru mencapai 30,45% dari tiga ribu elemen data. Paling tidak ada 3 permasalahan yang paling menonjol saat diekspose SIPD tahun 2013. Pertama, kurang maksimalnya koordinasi baik dalam satu SKPD maupun antar SKPD. Kedua, minimnya kesedaran pengelola data SKPD terhadap pentingnya data. Ketiga, kurangnya komitmen pengelola data dalam memperbaiki manajemen pengelolaan data.

Menanggapi permasalahan tersebut, Kepala Bappeda Samgautama Karnajaya mencoba menggandeng Instansi Vertikal yang mempunyai personil sampai tingkat pemerintahan desa. Maksud dan tujuan kerja sama ini adalah untuk mengatasi permasalahan rendahnya tingkat keterisian data SIPD. Kapolres Blora melalui Kompol I Gede Arda yakin setelah tim update data menjalankan fungsinya, target 70% tingkat keterisian data SIPD dapat terealisasi. (*)

Komentar Anda

Ada satu orang yang berkomentar tentang Personil TNI/Polri Dukung Update Data Desa