Pertunjukkan Reog Bersama KKN Mandiri IAIN Surakarta di Blora
Laporan: Pegawai Bappeda | Tertanggal 30 August 2017

WhatsApp-Image-2017-08-06-at-21.54.15-Penerimaan

Blora, Agustus 2017 – Dalam Rangka mensyukuri hasil bumi, masyarakat Dukuh Watuondo Desa Ngumbul Kecamatan Todanan melaksanakan serangkaian acara, salah satunya adalah pagelaran seni yang mendatangkan Barong Singo Lodro asli Todanan. Pagelaran ini dilaksanakan pada hari Minggu, 06 Agustus 2017 di Bukit Jonggrang. Di samping sebagai wujud syukur, pagelaran tersebut juga sebagai ajang promosi wisata Bukit Jonggrang yang baru diresmikan bulan Juni 2017 lalu. Seperti yang dikatakan oleh Bapak Safawi selaku Ketua Wisata Bukit Jonggrang sekaligus Kamituo Dukuh Watuondo, “dengan adanya acara tersebut, diharapkan Bukit Jonggrang bisa menjadi objek wisata Kabupaten Blora”.

Rangkaian acara tersebut dimulai dari pembukaan, sambutan, dan penutup. Untuk penampilan pagelaran dimulai dari tampilan Barong, Jaranan Pegon, Bujang Ganong, Gagak Merak, Jaranan Jathilan, Barong Tunggal, dan ditutup dengan Singo Lodro & Jobo Lodro. Acara ini dilaksanakan oleh Pemuda dan masyarakat dukuh Ngumbul, serta bekerjasama dengan Tim KKN Mandiri Blora IAIN Surakarta.

Singo Lodro sendiri merupakan salah satu kesenian lokal dari Blora. “Singo Lodro merupakan seni budaya masyarakat Todanan yang sebelumnya vakum karena Ketua Singo lodro yang pertama telah meninggal. Namun, dengan adanya semangat dari masyarakat Todanan, Singo Lodro bangkit kembali”, papar Bapak Nur Sali selaku wakil Ketua Barong Singo Lodro.

Disampaikan pula oleh Bapak Widodo selaku Ketua Barong Singo Lodro yang baru, “selama 17 tahun Singo Lodro berkiprah, bahkan bulan April kemarin Singo Lodro menjadi Juara I dalam Lomba Barongan se-Kabupaten Blora. Selain itu, tahun 2016 Singo Lodro pernah mewakili Kabupaten Blora sebagai peserta lomba barongan di Taman Mini Indonesia Indah.”

Kesenian seperti ini merupakan salah satu aset masyarakat Blora yang perlu dilestarikan, karena pada dasarnya Blora adalah Kota Barong.

Sumber

Komentar Anda