POLLING KRENOVA KABUPATEN BLORA TAHUN 2017
Laporan: Pegawai Bappeda | Tertanggal 18 August 2017

Pemanfaatan Kotoran Sapi Menjadi Bahan Bakar Biogas sebagai Pengganti Bahan Bakar Gas

Energi bahan bakar seperti minyak tanah dan bahan bakar gas LPG merupakan kebutuhan rumah tangga yang paling banyak digunakan. Penerapan pemerintah yang mulai mengganti minyak tanah menjadi gas LPG membuat sebagian masyarakat menengah kebawah merasa keberatan untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Masyarakat pedesan yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai buruh tani dan sebagian menjadi peternak sapi merupakan potensi yang bagus untuk dikelola dan dimanfaatkan limbah kotoran yang selama ini hanya dibuang percuma. Pemanfaatan limbah tersebut merupakan energi alternatif yang bisa membantu masyarakat sebagai bahan bakar gas pengganti LPG.

Biogas merupakan energi alternatif yang sangat ramah lingkungan dan sangat sederhana, yaitu dengan cara memasukkan kotoran sapi kedalam drum plastik yang disambungkan dengan pipa pvc, selang plastik yang dihubungkan ke penampungan gas. Dalam waktu tertentu gas bio akan terbentuk yang selanjutnya dapat digunakan sebagai sumber energi untuk menyalakan kompor.

Dengan demikian pembuatan digester biogas ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan bahan bakar gas LPG dan dapat meringankan beban masyarakat untuk memmenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Kata kunci: digester, biogas, kotoran sapi, energi alternatif.

Karya              :   Wahyu Diono

Kategori          :   Teknologi Tepat Guna

Untuk Vote kreasi ini klik (LINK INI)

Komentar Anda