14 Januari 2020   08:42 WIB

Penyusunan Dokumen Teknokratis RPJMD Kabupaten Blora

Penyusunan Dokumen Teknokratis RPJMD Kabupaten Blora

Penyusunan Dokumen Teknokratis RPJMD Kabupaten Blora

Rapat Penyusunan RPJMD Teknokratik diselenggarakan pada Senin, 13 Januari 2020 yang diikuti oleh seluruh karyawan dan karyawati Bappeda Blora. Rapat dilaksanakan di lantai 2 kantor Bappeda Kabupaten Blora. Rapat dibuka oleh Bapak Samsul Arief. Kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh Bapak Lois Yulianto dari Semarang. 

Disampaikan bahwa RPJMD merupakan Media untuk mengimplementasikan janji Kepala Daerah terpilih yang telah disampaikan pada saat kampanye, Pedoman pembangunan selama 5 (lima) tahun, serta Pedoman penyusunan rencana kerja tahunan (RKPD).

Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD terdiri dari Bab I Pendahuluan, Bab II Gambaran Umum Kondisi Daerah, Bab III Gambaran Keuangan Daerah, Bab IV Permasalahan dan Isu-isu Srategis Daerah, serta Bab V Visi Misi Tujuan dan Sasaran.

Dalam menyusun rancangan RPJMD teknokratis perlu ditentukan pula isu strategis daerah.  Isu strategis merupakan Pernyataan mengenai suatu kondisi atau hal yang harus diperhatikan atau dikedepankan dalam perencanaan pembangunan karena dampaknya yang signifikan bagi entitas (daerah/masyarakat) dimasa datang untuk memecahkan permasalahan pembangunan daerah selama 5 tahun.  Metode Penentuan Isu Strategis : Focussed group discussion atau metode analisis lain yang sesuai dengan kebutuhan.

post by : Litbangren


Info