02 Maret 2020   11:02 WIB

BAPPEDA GELAR FORUM LINTAS PERANGKAT DAERAH TAHUN 2020

BAPPEDA GELAR FORUM LINTAS PERANGKAT DAERAH TAHUN 2020

BAPPEDA GELAR FORUM LINTAS PERANGKAT DAERAH TAHUN 2020

Forum Lintas Perangkat Daerah dalam Rangka Penyusunan Rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah Kab. Blora Tahun 2021 dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2020 di Auditorium Gedung Konco Tani, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora.

Dasar pelaksanaan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang RPJPD dan RPJMD serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD, Rancangan Awal Renja Perangkat Daerah dibahas dengan para pemangku kepentingan dalam Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah untuk memperoleh saran dan pertimbangan.

Tujuan pelaksanaan Forum Lintas Perangkat Daerah ini antara lain :

  1. Menyelaraskan program dan kegiatan Perangkat Daerah Kabupaten dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang Kecamatan
  2. Mempertajam indikator/target kinerja program dan kegiatan Perangkat Daerah Kabupaten sesuai dengan tugas dan fungsinya
  3. Menyelaraskan program dan kegiatan antar Perangkat Daerah Kabupaten dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah
  4. Menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing Perangkat Daerah Kabupaten

Forum Lintas Perangkat Daerah diikuti oleh Sekretaris Daerah, Asisten I, II dan III, Staf Ahli Bupati, Staf Khusus Bupati, Ketua Komisi DPRD serta Kepala OPD se-Kabupaten Blora.

Acara dimulai dengan Laporan Ketua Penyelenggara oleh Kepala Bappeda.

Kepala Bappeda menyampaikan bahwa, “Proses penyusunan RKPD Kabupaten Blora Tahun 2021 telah memasuki tahap Penyempurnaan Rancangan Awal Renja Perangkat Daerah. Proses penyusunan RKPD Tahun 2021 diawali dengan penyusunan Rancangan Awal Renja Perangkat Daerah yang dilaksanakan Desember 2019, Musrenbang Desa/Kelurahan yang diselenggarakan bulan Desember 2019-Januari 2020, Penyusunan Rancangan Awal RKPD yang telah dilaksanakan bulan Desember 2019-Januari 2020, Forum Konsultasi Publik terhadap Rancangan Awal RKPD yang telah dilaksanakan 27 Januari 2020, Musrenbang Kecamatan yang dilaksanakan tanggal 5-24 Februari 2020 dan Penyempurnaan Rancangan Awal RKPD”.

Kemudian Bapak Sekda yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara.

“Forum Lintas Perangkat Daerah merupakan forum sinkronisasi pelaksanaan urusan, program maupun kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangannya serta merupakan forum sinergitas prioritas pembangunan daerah. Untuk itu, seluruh perangkat daerah harus paham betul terkait isu-isu strategis yang dihadapi serta lebih obyektif dalam menentukan target kinerja yang akan dicapai dalam Rencana Kerja Tahun 2021”, jelas Sekretaris Daerah Kabupaten Blora.

 “Disamping itu, pada tahun 2021 prioritas pembangunan hendaknya juga dititikberatkan pada peningkatan sektor pariwisata, industri kreatif dan investasi”, lanjut Sekretaris Daerah Kabupaten Blora.

Setelah itu dilanjutkan dengan penjelasan mekanisme sidang kelompok asisten oleh Sekretaris Bappeda.

Selanjutnya sidang kelompok dimulai. Masing-masing OPD melakukan desk sesuai kelompok asisten sekda. Sidang Kelompok dipimpin oleh Asisten Sekda dan didampingi oleh Kepala Bidang pada Bappeda yang bertindak sebagai moderator.

create by : Litbangren


Info