07 Agustus 2020   08:33 WIB

Rapat Koordinasi Penjelasan Pelaksanaan Program 1 OPD 5 Warga Dampingan

Rapat Koordinasi Penjelasan Pelaksanaan Program 1 OPD 5 Warga Dampingan

Rapat Koordinasi Penjelasan Pelaksanaan Program 1 OPD 5 Warga Dampingan

Bapak Sekda Kabupaten Blora, Komang Gede Irawadi, SE, M.Si, didampingi oleh Kepala Bappeda Blora Bapak Ir. Samsul Arief dan Ketua Baznas, Bapak Drs. KH. Ali Muchdlor, M.Pd.I membuka Rapat penjelasan Pelaksaksanaan Program 1 OPD 5 Warga Dampingan yang dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2020 di Ruang Pertemuan Bappeda lantai 2. Hadir dalam acara tersebut seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Blora.

Program 1 OPD 5 Warga Dampingan merupakan program invoasi Bapak Bupati dalam penanggulangan kemiskinan sebagaimana yang diprogramkan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Blora (TKPKD) tahun 2020 dengan melibatkan seluruh OPD di Kabupaten Blora untuk mendampingi 5 warga kurang mampu yang memiliki usaha. Tujuan dari program 1 OPD 5 Warga Dampingan yaitu mendampingi warga miskin yang mempunyai usaha, mengurangi beban warga miskin yang didampingi OPD, meningkatkan pendapatan warga miskin, memperkuat koordinasi antar perangkat daerah dalam mendampingi warga miskin.

Dari 202 warga yang diusulkan setelah dilakukan verifikasi pada tahap I yang layak sebanyak 163 warga dengan realisasi bantuan tahap I sebesar Rp.565.584.000. Selanjutnya bagi Perangkat Daerah yang belum mengusulkan warga dampingan ataupun dari 5 usulan tersebut ada yang tidak layak, OPD harus mencari  ganti warga dampingan dan diusulkan di tahap 2.


Info