02 April 2021   23:22 WIB

Rakor Pendataan Penanggulangan Anak Tidak Sekolah (ATS) di Kabupaten Blora

Rakor  Pendataan Penanggulangan Anak Tidak Sekolah (ATS) di Kabupaten Blora

Rakor Pendataan Penanggulangan Anak Tidak Sekolah (ATS) di Kabupaten Blora

Rapat Koordinasi Pendataan Penanggulangan Anak Tidak Sekolah dilaksanakan di Bappeda lantai 1. Rapat dipimpin oleh Kepala Bidang Pemsosbud dan dihadiri oleh Baznas, Dinas Sosial, Dinas Kependudukan Catatan Sipil, Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo, Dinas PMD, Kemenag Kab.Blora dan  STAI Khozinatul Ulum. Rapat membahas mengenai pembentukan tim dan pelaksanaan strategi pendataan ATS. Dalam pendataan ATS, sumber pendataan yang dapat digunakan berasal dari data Susenas, SIAK, DTKS, Dapodik, dan Data kemenag. Direncanakan setelah membentuk Tim akan membentuk Rencana Aksi Daerah (RAD ATS).

Dalam rapat tersebut, Baznas menyampaikan akan membuat terobosan dengan mengubah kurikulum dan membuat media belajar yang menyenangkan tidak memberatkan anak. Dinas Pendidikan Kab.Blora juga menyampaikan bahwa sebelumnya Dinas Pendidikan telah mengirimkan data ATS ke Bappeda. Data tersebut berasal dari Data Pusdatin tahun 2018 yang berkolaborasi dari data Dapodik, Emis dan Dukcapil. Muncul Data Sebanyak 27.000 ATS. Data tersebut kemudian dilakukan Tracing Data di Tingkat Desa dengan Relawan Dapodik (Bunda Paud, PGTK, Melibatkan SD dan SMP). Setelah di tracing data menjadi 955 ATS.

Perlu adanya strategi kebijakan dan aksi prioritas yang harus dilaksanakan oleh pemerintah Kab.Blora dalam upaya menangani isu ATS dan mengurangi jumlah ATS agar seluruh anak usia sekolah (7-18 tahun) di Kab.Blora dapat kembali berpartisipasi dalam pendidikan.

Materi Rakor ATS dapat diunduh di bawah ini :

MATERI RAKOR ATS


Info