04 Maret 2022   10:07 WIB

BUPATI RINTIS KERJASAMA PEMBANGUNAN DAERAH DENGAN UNIVERSITAS INDONESIA || BAPPEDA BLORA

BUPATI RINTIS KERJASAMA PEMBANGUNAN DAERAH DENGAN UNIVERSITAS INDONESIA || BAPPEDA BLORA

BUPATI RINTIS KERJASAMA PEMBANGUNAN DAERAH DENGAN UNIVERSITAS INDONESIA || BAPPEDA BLORA

BLORA. Tagline "Sesarengan mBangun Blora : Unggul dan Berdaya Saing" terus diupayakan Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., dengan menggandeng berbagai stakeholder pembangunan, termasuk kalangan akademisi. Seperti yang dilakukan pada hari Rabu (2/3/2022) kemarin, ia mendatangi Universitas Indonesia untuk merintis peluang kerjasama pembangunan daerah dengan salah satu kampus negeri favorit itu. 

Bupati datang didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) A Mahbub Djunaidi, S.Pd., M.Si., bersama sekretaris dan para kepala bidang dari Bappeda. 

Rombongan diterima langsung oleh Wakil Rektor Universitas Indonesia bidang SDM dan Aset, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA., dan jajaran di ruang rapat utama Rektorat, Gedung Pusat Administrasi Universitas Indonesia. 

Kedua belah pihak melaksanakan diskusi bersama tentang peluang kerjasama pembangunan dan tantangan pembangunan daerah kedepan. Disertai paparan potensi daerah oleh Bupati Arief Rohman kepada pihak Universitas Indonesia. 

"Alhamdulillah... Setelah Selasa lalu dari kampus Undar Jombang, Rabu kemarin kita bergerak ke Universitas Indonesia, kampus S2 saya. Kita diterima Prof. Dedi, Wakil Rektor UI bidang SDM dan Aset. Banyak hal yang kita sampaikan dan kita diskusikan bersama tentang proyeksi pembangunan Blora kedepan. Termasuk program penanggulangan kemiskinan, peningkatan SDM, peluang investasi daerah, dan lainnya," ucap Bupati Arief, Kamis (3/3/2022). 

"Gayung bersambut, melalui Pak Wakil Rektor, Prof. Dedi inshaAllah UI dengan jaringan alumninya yang luas siap membantu pembangunan Blora. Banyak alumni UI yang kerja di lembaga negara dan BUMN, sehingga potensi ini bisa dijalin kerjasama untuk pendampingan pembangunan daerah. Kita juga meminta database mahasiswa UI dan lulusan UI asli Blora dan sekitarnya untuk bersama-sama memberikan pengabdian kepada masyarakat," sambung Bupati. 

"Kami berharap luasnya jaringan alumni UI bisa, ikut mendorong investasi di Kabupaten Blora. Apalagi banyak pengusaha sukses dari UI. InshaAllah konsep ini akan segera kita matangkan melalui penandatanganan MoU dalam waktu dekat dengan Pak Rektor. Semangat Sesarengan mBangun Blora," pungkas Bupati. 

Sementara itu, terpisah, Wakil Rektor (Warek) UI bidang SDM dan Aset, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi., DEA., saat dihubungi menyampaikan apresiasinya atas kegigihan Bupati Blora dalam membangun sinergitas dengan berbagai stakeholder untuk mendukung pembangunan daerah. 

"Rupanya Pak Bupati Blora ini alumni S2 nya juga di UI, kalau tidak salah lulusan 2007. Semangatnya luar biasa untuk menjalin kerjasama demi kemajuan daerahnya. InshaAllah UI siap menjalin kerjasama, draft MoU nya akan segera kita susun bersama agar nantinya bisa diteken bersama. Penandatanganan nya bisa di kampus UI atau kita yang ke Blora, sekalian mencicipi Sate Blora yang terkenal enak," ujar Warek Dedi. 

Saat ditanya tentang peluang kerjasama apa yang bisa dijalin diantara kedua belah pihak. Dirinya menyebutkan beberapa kemungkinan poin kerjasama seperti peningkatan SDM melalui pemberian beasiswa pendidikan, pemberian program tugas belajar bagi ASN Kabupaten Blora. Kemudian riset dan kajian kebijakan reformasi birokrasi, kajian peluang kerjasama SDM vokasional untuk kebutuhan wilayah Kabupaten Blora, hingga pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis ElektronikElektronik (SPBE). 

"Banyak kemungkinan lainnya juga yang bisa dikerjakan termasuk pendampingan ekonomi sektor UMKM dan industri. Semoga setelah diskusi ini, segera bisa dilaksanakan penandatanganan MoU sebagai dasar pelaksanaan program kerjasama," ungkap Prof. Dedi. 

Usai diskusi bersama, menurut Bupati sempat dilakukan foto bersama dan penegasan tahapan penyusunan draft dokumen MoU. (Tim Liputan Prokompim Setda Blora)


Info